4 Provinsi Ini Dulu Dimenangi Jokowi, Pilpres 2019 Direbut Prabowo

4 Provinsi Ini Dulu Dimenangi Jokowi, Pilpres 2019 Direbut Prabowo
Capres nomor 01, Joko Widodo alias Jokowi saat kampanye terbuka di hadapan ribuan pendukungnya di SUGBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/4). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Data hasil quick countLSI Denny JA menunjukkan, pada Pilpres 2019 ini Jokowi - Ma’ruf mampu menang di 21 provinsi di Indonesia.

Sementara Prabowo menang di 13 provinsi di Indonesia. Pada 2019 tercatat ada tambahan satu provinsi baru yaitu Kalimantan Utara, sehingga total 34 provinsi.

Peneliti senior LSI Denny JA, Adrian Sopa menyebutkan, pada Pilpres 2019, ada empat provinsi yang pada Pilpres 2014 dimenangi Jokowi, kini dimenangkan oleh Prabowo. Yakni, Bengkulu, Jambi, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

“Sementara ada satu provinsi yang pada Pilpres 2014 dimenangi Prabowo namun kini dimenangkan Jokowi, yaitu Gorontalo,” ujar Adrian di kantor LSI Denny JA, Jakarta, Kamis (2/5).

Dukungan dari wilayah yang lain cenderung sama dengan peta dukungan pada pilpres 2014. Bedanya adalah adanya peningkatan dukungan dari wilayah-wilayah tertentu.

4 Provinsi Ini Dulu Dimenangi Jokowi, Pilpres 2019 Direbut Prabowo

BACA JUGA: Sang Vokalis dari PDIP Ini Lolos Lagi ke Senayan

Misalnya ada peningkatan dukungan Jokowi di Jawa Timur dan Jawa Tengah dibandingkan perolehannya pada Pemilu 2014.

Hasil quik count LSI Denny JA, pada pilpres 2019 Prabowo Subianto mampu menang di empat provinsi yang pada Pilpre 2014 dimenangi Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News