4 PTN di Surabaya Buka Prodi Baru, ITS Tambah Manajemen Energi Laut

4 PTN di Surabaya Buka Prodi Baru, ITS Tambah Manajemen Energi Laut
4 PTN di Surabaya Buka Prodi Baru, ITS Tambah Manajemen Energi Laut

jpnn.com - SURABAYA - Program studi (prodi) yang bisa dipilih mahasiswa baru tahun depan akan lebih beragam. Saat ini perguruan tinggi negeri (PTN) di Surabaya berlomba mendirikan prodi baru.

Di antaranya adalah Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Pembantu Rektor 1 Unesa Yuni Sri Rahayu menyatakan ada sepuluh prodi baru yang diajukan ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kini pihak Unesa menunggu persetujuan lebih lanjut.

Prodi baru yang diajukan, di antaranya, S-1 pendidikan IPS, S-2 manajemen, dan S-3 pendidikan vokasi. Menurut Yuni, prodi baru itu memang layak didirikan. ''Sebab, berdasar assessment di lapangan, S-3 pendidikan vokasi belum ada,'' tuturnya.

Berdasarkan informasi yang didapat Yuni, akhir tahun ini surat izin dari Kemenristekdikti keluar.

Insitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) juga menambah prodi baru. Tahun ini ITS membuka prodi teknik dan manajemen energi laut. Prodi pascasarjana tersebut dibawahi jurusan teknik kelautan.

Mukhtasor, salah seorang koordinator prodi, menjelaskan bahwa energi terbarukan akan semakin digalakkan. Salah satunya yang bersumber dari laut. ''Padahal, peluangnya besar. Maka, terbukanya prodi ini diharapkan dapat meningkatkan SDM yang dapat mengembangkan sumber energi laut,'' ungkap guru besar fakultas teknologi kelautan tersebut.

Kini Mukhtasor dan pihaknya mempersiapkan SDM seperti tenaga dosen. Dia mengatakan, prodi tersebut merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu. Jadi, SDM-nya diambil dari beberapa prodi terkait.

Misalnya, dari teknik kelautan, teknik perkapalan, teknik sistem perkapalan, teknik fisika, dan teknik elektro. ''Kami juga mengundang pengajar dari Politeknik hingga Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT),'' tuturnya.

SURABAYA - Program studi (prodi) yang bisa dipilih mahasiswa baru tahun depan akan lebih beragam. Saat ini perguruan tinggi negeri (PTN) di Surabaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News