400 PNS Bakal Pensiun Tahun Ini, Tetapi Belum Ada Calon Pengganti Baru

400 PNS Bakal Pensiun Tahun Ini, Tetapi Belum Ada Calon Pengganti Baru
Ratusan PNS bakal pensiun tahun ini . Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, NGAWI - Sebanyak 400 lebih PNS Pemerintah Kabupaten Ngawi, memasuki masa pensiun pada 2020 ini. Para PNS pensiun ini berasal dari golongan I hingga golongan IV.

Jumlah itu dari total sebanyak 9.703 PNS yang tercatat bekerja di bawah Pemerintah Kabupaten Ngawi.

Kondisi tersebut secara tidak langsung akan berdampak pada tugas dan tanggung jawab serta beban PNS yang saat ini ada akan bertambah.

Terlebih Kabupaten Ngawi juga tidak ada pelaksanaan rekrutmen CPNS pada 2019 lalu

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Nagwi Sumarsono menjelaskan kebanyakan PNS yang memasuki masa pensiun dari unsur pendidikan, kesehatan dan administrasi. Diakuinya jumlah ASN yang ada saat ini jika dilihat dari kuantitas dinilai sudah mencukupi.

"Namun jika secara kualitas ada beberapa formasi yang mengalami kekurangan dan tidak bisa diganti atau diisi secara langsung dari tenaga yang ada. Hal ini melihat dari kompetensi dari masing-masing ASN yang ada dan nanti yang masuk masa pensiun berbeda," kata Sumarsono.

Sumarsono menambahkan, langkah yang diambil pemerintah daerah dengan kondisi kekurangan tenaga ini memberikan kesempatan bagi tenaga di bidang lain untuk diikutkan proses belajar sebagai upaya mengisi kekurangan.

Misalkan, dari tenaga tata usaha di sekolah yang dibantu untuk ikut proses pendidikan lanjutan, sehingga bisa ditempatkan menjadi seorang tenaga pendidik atau guru.(end/pojokpitu/jpnn)

Pemda tidak melaksanakan rekrutmen CPNS pada 2019 lalu padahal banyak PNS pensiun tahun ini.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News