5 Cara Aman Mengemudi Mobil Pribadi di Sekitar Truk 

5 Cara Aman Mengemudi Mobil Pribadi di Sekitar Truk 
Ilustrasi: Luna Maya saat mengendarai mobilnya sendiri. Foto: tangkapan layar YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Berkendara di sekitaran kendaraan besar atau truk harus ekstra hati-hati. Sebab, kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan pribadi dan truk sering terjadi. 

Para pengguna jalan harus memahami karakter dari truk yang memiliki banyak keterbatasan, sehingga bisa melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan. 

Dimensi truk yang besar membuatnya tidak bisa tergesa-gesa dan butuh ruang gerak. Selain itu, posisi duduk pengemudi yang tinggi dan pandangan ke belakang terhalang bodi membuat sopir truk memiliki blind spot atau area di sekitar kendaraan tidak terpantau oleh pengemudi. 

Terlebih bila truk tersebut dipenuhi muatan besar sehingga pengemudi tidak mudah untuk melakukan pengereman darurat. 

Lantas bagaimana caranya berhadapan atau bekendara saat bersama truk di jalan? Simak 5 kiat berkendara aman di sekitar truk menurut Auto2000.

1. Jaga jarak aman

Jangan mengikuti truk terlalu dekat karena mobil tidak terlihat oleh sopirnya. Selain tidak memiliki ruang cukup untuk mengintip jalur dari arah berlawanan akibat tertutup bodi truk.

Jaga jarak aman membuat pengemudi bisa mengantisipasi pergerakan truk, seperti bila tiba-tiba truk tersebut mengerem mendadak atau tidak kuat menanjak.

Berikut lima cara aman untuk Anda saat mengemudikan mobil pribadi di sekitar truk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News