5 Cara Mengatasi Pusing Saat Pilek

5 Cara Mengatasi Pusing Saat Pilek
Pusing karena pilek. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Pusing merupakan bagian dari gejala-gejala penyakit atau kondisi kesehatan lainnya. Jika pusing disertai dengan pilek, maka ada kemungkinan Anda menderita alergi, flu, sinusitis, atau bahkan infeksi telinga tengah.

Saat Anda pilek, lendir yang menumpuk di rongga hidung bisa menimbulkan tekanan. Tekanan inilah yang mengakibatkan kepala Anda terasa berputar-putar dan ringan.

Lalu bagaimana cara mengatasi pilek yang disertai dengan pusing?

Sebenarnya Anda tidak perlu langsung mengatasi kondisi ini dengan obat-obatan. Jika memang harus minum obat, Anda dapat mencoba terlebih dahulu obat-obatan yang dijual di apotik tanpa resep dokter.

Namun, baik pilek maupun pusing umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, dan Anda dapat mencoba langkah-langkah di bawah ini untuk membantu mengurangi pusing akibat pilek:

1. Jangan bergerak secara tiba-tiba

Hal pertama yang harus Anda hindari ketika mengalami pusing saat pilek adalah bergerak secara tiba-tiba.

Usahakan jangan bergerak terlalu cepat, menggelengkan kepala terlalu keras, atau mendadak bangun dari posisi duduk dan tidur.

Dengan melakukan seluruh tips yang sudah disarankan, Anda tidak hanya dapat mengatasi pusing saat pilek, namun juga mengatasi hidung yang tersumbat. Ketika rongga hidung lebih lega, pusing pun akan hilang

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News