5 Cara Praktis Atasi Batuk

5 Cara Praktis Atasi Batuk
Ilustrasi minum air putih. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Batuk merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran napas. Keadaan ini sering terjadi tiba-tiba, di waktu dan tempat yang bahkan tidak Anda perkirakan sebelumnya. Tentu, batuk bisa sangat menganggu performa. Bahkan, bukan tidak mungkin keluhan satu ini juga mengganggu performa orang yang mengalaminya.

Lalu, harus bagaimana agar batuk tidak mengganggu aktivitas atau menurunkan performa saat tampil di depan orang banyak? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk itu:

1. Air putih

Saat batuk menyerang, air putih adalah pilihan yang tepat untuk meredakannya. Supaya khasiatnya lebih efektif, air putih hangat adalah pilihan yang sangat baik. Hindari konsumsi air dingin ataupun yang memiliki warna, karena berpotensi membuat keluhan batuk menjadi semakin parah.

2. Madu

Madu merupakan produk lebah yang telah dibuktikan lewat penelitian dapat meredakan batuk. Anda dapat mengonsumsi satu sendok madu atau dicampur dengan secangkir teh hangat. Namun, madu sangat tidak disarankan untuk diberikan pada anak yang masih berusia di bawah satu tahun karena berisiko menyebabkan terjadinya keracunan makanan atau infant botulism.

3. Makanan sehat

Tahukah Anda bahwa kondisi perut yang kosong bisa meningkatkan risiko terjadinya batuk? Hal ini karena perut yang kosong membuat tubuh tidak dapat menyerap berbagai zat gizi yang dibutuhkan untuk membentuk antibodi. Maka dari itu, supaya gejala batuk yang Anda alami bisa dikendalikan atau dihilangkan, konsumsilah makanan sehat yang sebagian besar menunya terdiri dari buah atau sayur mengandung vitamin C.

Batuk bisa sangat menganggu performa. Bahkan, bukan tidak mungkin keluhan satu ini juga mengganggu performa orang yang mengalaminya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News