Jumat, 21 Juni 2019 – 07:14 WIB

Jangan Disepelekan, ini 7 Manfaat Minum Air Putih

Senin, 18 Februari 2019 – 12:03 WIB
Jangan Disepelekan, ini 7 Manfaat Minum Air Putih - JPNN.COM

Ilustrasi minum. Foto: New Healthy Guide

jpnn.com - Tak sedikit orang yang memilih minum es teh manis, soda, atau minuman berperasa lainnya ketimbang air putih. Jangan malas minum air putih, meski hambar, tapi manfaatnya untuk tubuh luar biasa banyak. 

Air putih merupakan minuman bebas kalori yang kaya akan manfaat kesehatan. Tubuh terdiri dari sekiar 60 persen cairan, sehingga Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air putih dengan takaran tertentu. 

Pada umumnya, pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter (8 gelas) air putih, sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter (7 gelas) setiap harinya. Meski begitu, kebutuhan yang sesungguhnya tergantung pada kondisi masing-masing orang. Lebih jelasnya, ini juga bisa dipengaruhi usia, jenis kelamin, berat badan, aktivitas, dan kondisi medis tertentu.

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, secara terus menerus tubuh mengeluarkan cairan dari tubuh melalui proses pernapasan, buang air kecil dan besar, serta ketika berkeringat melalui kulit. Oleh karena itu, setiap orang harus mengganti cairan yang keluar dari tubuh tersebut, tentunya dengan mengonsumsi cairan. Inilah kenapa Anda tak boleh malas untuk minum air putih.

Berikut ini adalah beberapa manfaat air putih untuk kesehatan tubuh.

1. Memaksimalkan performa fisik
Performa fisik akan terdampak jika hidrasi tubuh tak terjaga. Ini lebih penting lagi jika Anda berolahraga intens. Dilansir dari Healthline, dehidrasi bisa efek nyata meski Anda cuma kehilangan 2 persen cairan tubuh.

Bahkan, atlet bisa kehilangan 6-10 persen cairan tubuhnya lewat keringat. Ini bisa sebabkan perubahan suhu tubuh, menurunnya motivasi, peningkatan rasa lelah, serta olahraga makin terasa berat baik fisik maupun mental.

Dari KlikDokter, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, memberikan panduan bagaimana mempersiapkan kehilangan cairan tubuh saat berolahraga.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar