5 Cara Sembuhkan Flu pada Musim Hujan

5 Cara Sembuhkan Flu pada Musim Hujan
Influenza. Foto: Newsfirst

jpnn.com - Flu merupakan salah satu penyakit langganan yang muncul pada musim hujan seperti sekarang ini. Meski penyakit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu, tetap saja kehadirannya bisa sangat mengganggu aktivitas.

Meski bisa sembuh dengan sendirinya, nyatanya flu tetap harus diusahakan untuk sembuh. Berikut tips menyembuhkan flu pada saat musim hujan menurut dr. Sara Elise Wijono kepada KlikDokter:

1. Cukup minum

Menurut dr. Sara, minum air secara cukup dapat membantu meredakan gejala flu,  termasuk mengencerkan dahak yang kental. Air yang paling baik untuk diminum adalah air putih hangat. “Bisa juga coba juga teh jahe atau jus buah untuk tambahan vitamin dan antioksidan,” katanya.

2. Terapi uap 

Kelembapan udara juga dapat membantu meredakan gejala flu. “Saat mengonsumsi minuman panas, hiruplah uap dari minuman tersebut. Anda juga bisa mencoba mandi air panas.”

3. Makan bergizi

Saat flu, cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, vitamin, dan zat-zat lainnya agar flu cepat mereda. dr. Sara mengatakan bahwa sumber protein seperti ayam dan ikan berlemak (tuna atau salmon) sangat baik untuk mengatasi flu.

Meski bisa sembuh dengan sendirinya, nyatanya flu tetap harus diusahakan untuk sembuh, terlebih saat musim hujan seperti ini.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News