Kurang Tidur? Cara Sederhana ini Mungkin Bisa Membantu

Kurang Tidur? Cara Sederhana ini Mungkin Bisa Membantu
Ilustrasi wanita stres. Foto: Pixabay

jpnn.com - Banyak orang tidak mendapatkan cukup tidur. Bahkan, rata-rata orang Inggris hanya mendapat enam jam waktu tidur.

Alasan tidak cukup tidur bervariasi dan sering dikaitkan dengan masalah-masalah psikologis yang mendasarinya. 

Namun, sebuah penelitian baru mengklaim bahwa hal itu bisa terjadi karena Anda tidak minum cukup air sehari sebelumnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para akademisi di Penn State University, Pensylvania, orang-orang yang tidur selama enam jam semalam secara signifikan memiliki lebih sedikit urin dan lebih dehidrasi dibandingkan dengan mereka yang tidur delapan jam semalam secara teratur, yang merupakan jumlah yang disarankan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal SLEEP, melibatkan lebih dari 20 ribu orang dewasa di AS dan Tiongkok, yang kebiasaan tidur dan sampel urin mereka dianalisis.

Para peneliti menyimpulkan bahwa hubungan antara kualitas tidur dan hidrasi turun ke hormon dalam tubuh yang disebut vasopressin.

"Vasopresin dilepaskan lebih cepat dalam siklus tidur," kata pemimpin studi, Asher Rosinger, yang merupakan asisten profesor di Penn State, seperti dilansir laman The Independent, Minggu (10/2).

"Jadi, jika Anda bangun lebih awal, Anda mungkin kehilangan jendela di mana lebih banyak hormon dilepaskan yang menyebabkan gangguan dalam hidrasi tubuh," jelas Rosinger.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para akademisi di Penn State University, Pensylvania, orang-orang yang tidur selama enam jam semalam secara signifikan memiliki lebih sedikit urin dan lebih dehidrasi dibandingkan dengan mereka yang tidur delapan jam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News