5 Cara Sembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat

5 Cara Sembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat
Sakit kepala. Foto: ndtv.com

jpnn.com - Sakit kepala bisa timbul karena berbagai macam faktor, mulai dari kelelahan, kurang tidur, hingga banyak pikiran yang berujung pada stres atau depresi. Bila biasanya Anda meredakan gangguan tersebut dengan konsumsi obat, nyatanya sakit kepala bisa sembuh tanpa obat, loh.

Sebelum mengetahui triknya, mari ketahui lebih dalam tentang berbagai jenis sakit kepala. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter. Sakit kepala terbagi menjadi dua, yakni primer dan sekunder. Untuk sakit kepala primer, contoh nyatanya adalah migrain, tension type headache dan cluster headache.

“Sementara itu, sakit kepala yang lebih sedikit penyebabnya atau sakit kepala sekunder dapat disebabkan oleh sakit gigi, demam, hingga tumor otak,” ucap wanita yang akrab dipanggil dr. Sepri ini.

Salah satu solusi mengatasi sakit kepala tentunya adalah mengonsumsi obat-obatan tertentu. Namun, bila Anda ingin menyembuhkan sakit kepala tanpa obat, berikut ini adalah kiat yang dilansir dari Men’s Health.

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Dehidrasi adalah penyebab umum sakit kepala. Ketika Anda tidak memiliki cukup cairan dalam tubuh, volume darah akan menurun secara keseluruhan. Tak hanya itu, penurunan jumlah darah yang mengalir ke otak tersebut dapat menyebabkan otak berkontraksi dan menegang.

Ketegangan yang diikuti dengan menurunnya kadar oksigen pada akhirnya menyebabkan rasa sakit pada area kepala. Jadi, penuhilah kebutuhan air minum harian Anda untuk menangkal rasa sakit yang menyebabkan kurangnya aliran darah.

2. Mengontrol asupan makanan

Bila biasanya Anda meredakan gangguan tersebut dengan konsumsi obat, nyatanya sakit kepala bisa sembuh tanpa obat, loh.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News