5 Fakta Menarik Lechia Gdansk, Klub Baru Egy Maulana Vikri

5 Fakta Menarik Lechia Gdansk, Klub Baru Egy Maulana Vikri
Kelompok supporter militan Lechia Gdansk. Foto: Ipsofootball

jpnn.com, JAKARTA - Pemain bintang timnas U19, Egy Maulana Vikri memastikan berlabuh di klub divisi utama Polandia, Lechia Gdansk. Sabtu (10/3) pihak Lechia akan mengumumkan secara resmi kontrak dengan pemain berusia 17 tahun itu. Berikut lima fakta menarik tentang Lechia Gdansk.

 

1. Berdiri Tahun 1945 

Klub pilihan Egy ini rupanya seusia dengan Republik Indonesia. Lechia Gdansk merupakan salah satu klub sepakbola yang menjadi simbol perlawanan rakyat Polandia terhadap  penjajahan Rusia tahun 1920-an, melawan rezim NAZI Jerman, dan melawan rezim komunis di bawah kendali Soviet sepanjang era 1970-1980an.

 

2. Memiliki Kelompok Pendukung yang Militan

Klub Sepakbola tanpa fans yang loyal adalah hambar. Seantero Polandia sudah mengenal nama "Ultras Lechia", sebuah kelompok pendukung klub Lechia Gdansk yang sangat militan. Mereka selalu ada saat pertandingan kandang maupun tandang. Kebanyakan personil Ultras Lechia juga anggota gerakan pro demokrasi Polandia bernama Solidarnosc. 

 

Lechia Gdansk, klub baru Egy memang bukan klub dengan prestasi menterang, tapi punya sejarah panjang dalam sepakbola Polandia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News