Rabu, 21 November 2018 – 13:00 WIB

5 Fokus Pemerintahan Jokowi-JK di Tahun Politik

Senin, 12 Februari 2018 – 20:11 WIB
5 Fokus Pemerintahan Jokowi-JK di Tahun Politik - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Sidang kabinet paripurna membahas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 yang dibuka Presiden Joko Widodo menghasilkan lima poin yang menjadi prioritas untuk tahun depan.

Kepala Badan Percencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro dalam penjelasannya usai sidang tersebut mengatakan, pembahasan RKP tersebut merupakan persiapan untuk menyusun RAPBN 2019.

Berkaitan dengan program yang dibahas di 2019 sebagai tahun terakhir pelaksanaan RPJMN 2014-2019, pemerintah mengangkat tema pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas.

"Ada lima prioritas nasional yang nantinya akan dijabarkan dalam program dan kegiatan prioritas," ucap Bambang di Istana Negara, Senin (12/2).

Fokus pertama, pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagaimana arahan Presiden di sidang tersebut. Hal ini meliputi pelayanan dasar terhadap warga negara, pengentasan kemiskinan, serta pengurangan ketimpangan.

Kedua mengenai pengurangan kesenjangan antarwilayah, meliputi perbaikan konektivitas yang bertujuan mengurangi biaya logistik. Ini berkaitan juga dengan tol laut.

Ketiga, penciptaan nilai tambah di sektor pertanian, manufaktur dan sektor jasa. Target pertumbuhannya akan dipatok di atas 5 persen. Kemudian pertumbuhan sektor pariwisata sebagai salah satu penyumbang devisa terbesar.

Keempat, ketahanan pangan, energi, dan air dengan melestarikan lingkungan dan energi baru terbarukan. Terakhir, berkaitan dengan stabilitas keamanan nasional dan pengamanan pemilu.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar