5 Hektare Lahan Dibakar di Dekat Bandara Supadio

5 Hektare Lahan Dibakar di Dekat Bandara Supadio
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - PONTIANAK – Kebakaran terjadi di Pontianak, Senin (11/7) malam. Asap membumbung dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah kawasan Kubu Raya.

Kebakaran terjadi di lokasi yang berjauhan. Salah satunya hampir menyentuh objek vital Bandar Udara Internasional Supadio. Tepatnya di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, sekitar lima kilometer dari Bandara.

Sekitar lima hektare lahan milik masyarakat terbakar di sana. Karhutla lima hektare juga terjadi di Kecamatan Rasau Jaya.

Kepala Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Pontianak Kementerian Kehutanan, Taufikurahman menerangkan, di sekitar Bandara Supadio memang dikenal banyak titik api (hotspot).

“Di kawasan bandara banyak yang mandok-mandokan (bersihkan lahan dengan cara dibakar, red) seperti itu. Jadi kita amankan terlebih dahulu yang di dekat bandara. Karena dampaknya cukup luas juga, bisa mengganggu penerbangan,” tutur Taufik kepada Rakyat Kalbar, Selasa (12/7).

Sebelumnya, Karhutla juga terjadi di Olak-olak Kubu, Kecamatan Kubu, sejak Sabtu (9/7). Berdasarkan pantauan Manggala Agni, setidaknya kebakaran mencapai lebih kurang 29 hektare.

“Dua regu pemadam kita sudah diberangkatkan hari ini (12/7) ke lokasi kebakaran yang di Olak-olak Kubu melalui transportasi air. Sebelumnya juga sudah kita kirim anggota untuk melakukan ground check,” ungkapnya. (rk/jos/jpnn)


PONTIANAK – Kebakaran terjadi di Pontianak, Senin (11/7) malam. Asap membumbung dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah kawasan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News