5 Kali Simulasi, Elektabilitas Prabowo Tetap Nomor 1, Anies di Atas Ganjar

5 Kali Simulasi, Elektabilitas Prabowo Tetap Nomor 1, Anies di Atas Ganjar
Menhan Prabowo Subianto saat menghadiri dialog di Gedung Utaryo Sespim Lemdiklat Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (16/6). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Elektabilitas Prabowo Subianto tertinggi, disusul Anies Baswedan di urutan kedua dan Ganjar Pranowo ketiga.

Itu hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) pada 5-13 Juni 2023.

IPO menggunakan metode multistage random sampling yang diikuti sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei menunjukkan bahwa Prabowo Subianto menempati elektabilitas tertinggi di antara tiga nama paling potensial pada bursa Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah mengatakan dalam simulasi pertanyaan semiterbuka dengan 40 pilihan nama yang diajukan kepada responden, hanya ada 16 nama mendapatkan respons.

"Yang tertinggi Prabowo Subianto dengan elektabilitas 27,3 persen lalu Anies 24,6 persen, Ganjar 16,2 persen," kata Dedi saat menyampaikan hasil survei, di Jakarta Pusat, Jumat (16/6).

Dedi menyebut tingkat elektabilitas tersebut juga berlaku sama dalam simulasi kedua, yakni pertanyaan tertutup dengan 20 pilihan nama.

"Hasilnya, tetap Prabowo Subianto, dengan elektabilitas 28,5 persen, Anies 24,9 persen, Ganjar meningkat jadi 18,6 persen," kata Dedi.

Prabowo menempati elektabilitas tertinggi di antara tiga nama paling potensial pada bursa Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News