5 Khasiat Biji Buah Jarak untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

5 Khasiat Biji Buah Jarak untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit
Manfaat minyak Jarak. (Foto: Ist/Jpnn)

jpnn.com - Jarak adalah tumbuhan liar yang tumbuh di hutan, tanah kosong, dan pinggiran pantai. Biji buah jarak memiliki banyak manfaat.

Selain bermanfaat untuk bahan bakar minyak, biji buah jarak juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (23/10).

1. Memerangi rematik

Biji jarak kaya akan asam oleat, asam risinoleat, asam linoleat dan berbagai jenis asam lemak. Ketiga asam ini sangat bermanfaat dalam mengobati encok dan rematik. Minyak yang diekstraksi dari biji-biji ini memiliki sifat penetrasi cepat yang karenanya, ketika Anda menerapkan minyak jarak pada daerah yang terkena, maka Anda mendapatkan bantuan segera. Seringkali minyak jarak dicampur dengan bumbu lain dan minyak esensial dengan sifat obat untuk meningkatkan efek dan hasilnya. Aplikasi reguler sangat penting untuk hasil yang tahan lama.

2. Meredakan nyeri menstruasi

Pendarahan yang berlebihan bisa membuat mereka anemia dan menyebabkan depresi dan insomnia. Sifat emmenagogue asam risinoleat yang ditemukan dalam minyak biji jarak membuka aliran menstruasi dan meredakan rasa sakit serta kram. Ini efektif dalam menghilangkan rasa sakit yang hebat selama menstruasi dan pembukaan.

3. Merangsang proses laktasi

Minyak jarak memudahkan aliran susu dan meningkatkan jumlah susu. Asam lemak yang terkandung dalam minyak biji jarak memastikan pasokan susu secara teratur pada ibu menyusui dan meningkatkan jumlah susu saat bayi tumbuh. Namun, Anda harus menggunakan minyak jarak yang telah diekstraksi dari biji jarak melalui proses kompres dingin dan itu juga dalam jumlah yang sangat kecil, atau hal itu bisa merugikan bayi Anda.

Minyak biji buah jarak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan perawatan kulit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News