5 Kiat Tetap Tenang saat Menerima Kritik

5 Kiat Tetap Tenang saat Menerima Kritik
Ilustrasi stres. Foto: WorktoLive.com

jpnn.com - Saat mendengar penilaian buruk terhadap diri alias kritik negatif, seseorang cenderung akan merasa tidak terima.

Tak jarang, hal tersebut dapat merangsang perasaan tertekan, tak tenang, stres, atau bahkan depresi.

Sebagai penerima kritik, Anda harus bisa menempatkan diri senyaman mungkin. Selain untuk menjaga keseimbangan mental dan konflik, hal ini juga berguna untuk menjaga hubungan baik dengan orang yang tengah mengkritik.

Mengutip Psychology Today, kiat di bawah ini bisa membuat Anda tetap tenang saat menerima kritik dari orang lain seperti dilansir dari klikdokter:

1. Batasi sanggahan.

Menyanggah adalah satu respons yang biasa dilakukan saat seseorang mendapatkan kritik negatif. Entah karena merasa tidak terima atau karena merasa hal itu tidak sesuai dengan dirinya. Hal ini memang tidak masalah, namun jangan sampai sanggahan yang Anda lontarkan malah memperburuk suasana.

Alih-alih ‘membersihkan nama’, salah memilih sanggahan justru bisa menempatkan Anda pada posisi yang salah. Tetap tenang dan susunlah sanggahan Anda hanya pada hal-hal yang tidak akurat dalam kritik yang diberikan.

2. Tarik napas dalam.

Sebagai penerima kritik, Anda harus bisa menempatkan diri senyaman mungkin. Karena itu tak ada salahnya Anda membaca artikel berikut ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News