5 Kunci Konsisten Jalankan Resolusi Sehat di Tahun Baru

5 Kunci Konsisten Jalankan Resolusi Sehat di Tahun Baru
Ilustrasi. Seorang wanita sedang menghirup udara segar. Foto Women Healthy

jpnn.com - Sudah memasuki Tahun Baru, bagaimana dengan resolusi sehat Anda? Setiap orang sering membuat resolusi menjelang tahun yang baru, termasuk resolusi sehat.

Mungkin Anda juga salah satunya, lebih rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, atau tidur cukup setiap harinya.

Hanya saja, resolusi kerap tinggal resolusi. Tidak ada yang tersisa, termasuk semangat untuk hidup sehat. Semangat itu pun sering gugur, bahkan ketika Januari belum lewat. Namun, Anda tidak harus menjadi salah satu dari orang-orang kebanyakan yang meninggalkan rencana kebugaran begitu gagal menerapkannya di awal tahun. 

Anda bisa mengikuti berbagai cara berikut ini, agar tetap konsisten menjalankan resolusi sehat di tahun baru.

1. Pastikan memiliki tujuan yang terukur

Jangan hanya muncul di pusat kebugaran dan berkata, "Saya ingin lebih bugar". Rencana itu tidak jelas dan tidak terukur. Anda juga tidak boleh mengaitkan tujuan Anda dengan sesuatu yang berhubungan dengan fisik, seperti ingin perut six-pack atau lebih berotot.

Menurut Nick Ebner, C.P.T., pelatih pribadi dari New York, Amerika Serikat, lebih memiliki tujuan kinerja yang pasti adalah kunci utama. Jadikan tujuan Anda terukur, seperti pergi ke gym 3 kali seminggu atau pastikan untuk berolahraga selama total 180 menit dalam seminggu.

Semua hal tersebut juga tergantung bagaimana Anda memulainya, Anda mungkin perlu mengubah asupan nutrisi, tidur, dan kebiasaan gaya hidup lain untuk mencapai tujuan ini, tetapi Anda pun juga membutuhkan strategi.

Jangan sampai resolusi sehat yang sudah disusun tinggal kenangan. Pastikan Anda melakukannya dengan baik, tidak perlu muluk-muluk, lakukan perlahan-lahan saja.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News