5 Manfaat Minum Air Mineral bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Minum Air Mineral bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi minum. Foto: New Healthy Guide

jpnn.com - Air mineral, disebut-sebut baik bagi kesehatan. Berbeda dengan air matang atau air keran yang dimasak sendiri, air mineral melalui proses pembuatan tertentu sebelum akhirnya dapat diminum. 

Bicara tentang manfaatnya bagi kesehatan, konon ini terkait dengan kandungan mineral yang terdapat di dalamnya. Beberapa jenis mineral yang biasanya terkandung antara lain magnesium, kalsium, potasium, sodium, bikarbonat, besi, dan seng.

Manfaat air mineral
Karena memiliki sejumlah kandungan mineral, air mineral ternyata menyimpan sejumlah manfaat, seperti:

1. Sumber magnesium
Air mineral merupakan sumber magnesium. Mineral ini berperan penting untuk mengatur tekanan darah, kadar gula darah, serta fungsi persarafan tubuh. 

Beberapa gejala kekurangan magnesium adalah penurunan nafsu makan, kelelahan, lemah otot, mual, dan muntah.

2. Menurunkan tekanan darah 
Kekurangan magnesium dapat berdampak pada peningkatan tekanan darah, gagal jantung, serta gangguan irama jantung. Nah, mengonsumsi air mineral yang mengandung magnesium bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Hal ini didukung oleh hasil penelitian pada 70 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi dan kadar magnesium yang rendah. Peneliti berkesimpulan bahwa individu yang mengonsumsi 1 liter air mineral per hari menunjukkan terdapatnya penurunan tekanan darah.

3. Mencukupi kebutuhan mineral tubuh
Air mineral yang mengandung kalsium, magnesium, dan kalium dalam jumlah yang banyak, akan membantu mencukupi kebutuhan mineral tubuh dan melancarkan aliran darah. Selain itu, beberapa jenis mineral juga membantu mengatur ritme dan irama jantung.

Berbeda dengan air matang atau air keran yang dimasak sendiri, air mineral melalui proses pembuatan tertentu sebelum akhirnya dapat diminum.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News