5 Penyakit Ini Bisa Diatasi dengan Minum Air Putih

5 Penyakit Ini Bisa Diatasi dengan Minum Air Putih
Ilustrasi minum. Foto: New Healthy Guide

jpnn.com - Cara paling efektif untuk menyembuhkan penyakit adalah minum obat sesuai dosis dan keluhan yang dialami. Namun, tidak semua penyakit perlu obat. Beberapa penyakit bahkan bisa diatasi hanya dengan minum air putih.

Sebagaimana dikatakan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, air putih sangat penting untuk menunjang fungsi tubuh secara keseluruhan. Ini karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air.

“Pada usia anak-anak, 75% tubuh terdiri dari air. Seiring usia, jumlah air pada tubuh akan terus berkurang hingga sekitar 45% saja,” kata dr. Astrid.

Mengobati penyakit dengan air putih
Para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk minum air putih sebanyak 7 hingga 8 gelas dalam satu hari. Dengan memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa mencegah sekaligus mengobati beberapa penyakit berikut:

1. Dehidrasi
Dikatakan oleh dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu mencegah dan mengatasi dehidrasi.

"Pastikan tubuh terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. Mengusir dehidrasi memang kuncinya hanya minum air, tidak ada cara lain yang lebih ampuh," ujar dr. Dyan Mega.

2. Sembelit
Apakah Anda kesulitan buang air besar? Apakah frekuensi Anda buang air besar kurang dari tiga kali dalam satu minggu? Jika menjawab “ya” untuk semua pertanyaan tersebut, berarti Anda mengalami sembelit atau konstipasi.

Tenang, Anda tidak perlu khawatir. Sembelit bisa diatasi dengan meningkatkan konsumsi air putih. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan konsumsi sayur dan buah-buahan.

Tidak semua penyakit perlu obat. Beberapa penyakit bahkan bisa diatasi hanya dengan minum air putih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News