Efektifkah Minum Susu untuk Mengatasi Dehidrasi Saat Ibadah Haji?

Efektifkah Minum Susu untuk Mengatasi Dehidrasi Saat Ibadah Haji?
Ilustrasi susu. Foto: Y. Photo Studio/Shuttterstock

jpnn.com - Salah satu kondisi yang kerap dialami oleh calon jemaah haji adalah dehidrasi akibat padatnya aktivitas dan teriknya cuaca saat ibadah haji. Selain air putih, katanya minum susu juga dinilai sama efektifnya untuk mengatasi dehidrasi. Bagaimana fakta medisnya?

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Keadaan ini dapat memengaruhi keseimbangan kadar mineral, garam, serta gula darah. Akibatnya, fungsi tubuh menjadi terganggu. Jika kondisi dibiarkan, efeknya bisa sampai membahayakan nyawa.

Apakah susu bisa efektif mengatasi dehidrasi?

Perlu diketahui, mereka yang rentan mengalami dehidrasi selama beribadah haji adalah kelompok lansia. Apabila mereka mengalami dehidrasi, akan terjadi berbagai perubahan pada tubuhnya, termasuk turunnya kesadaran.

Agar kondisi ini tidak terjadi, dibutuhkan asupan cairan yang tak hanya mampu menghidrasi, tetapi juga mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Itu semua bisa didapatkan dari minum susu.

BACA JUGA: 6 Penyakit ini Harus Diwaspadai Calon Jemaah Haji

Dilansir dari berbagai sumber, minum susu adalah salah satu cara efektif untuk menghidrasi tubuh. Penelitian pun telah menunjukkan bahwa susu, termasuk susu cokelat, adalah minuman tepat untuk pemulihan setelah olahraga atau setelah melakukan aktivitas yang melelahkan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Susu mengandung 90 persen air sekaligus elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada sebuah penelitian di Kanada tahun 2014 yang dipublikasikan di jurnal “Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism” yang menunjukkan bahwa susu lebih baik ketimbang minuman isotonik kemasan atau air putih untuk menghidrasi tubuh kala ditempa panasnya sinar matahari.

Selain air putih, katanya minum susu juga dinilai sama efektifnya untuk mengatasi dehidrasi. Bagaimana fakta medisnya?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News