Minggu, 18 Agustus 2019 – 09:43 WIB

Minum Air Putih juga Ampuh Atasi Sakit Kepala?

Senin, 15 Juli 2019 – 22:34 WIB
Minum Air Putih juga Ampuh Atasi Sakit Kepala? - JPNN.COM

jpnn.com - Minuman soda memiliki kandungan gula yang tinggi, yang diduga berkaitan dengan peningkatan risiko kanker. Oleh karena itu, guna menghindari bahaya tersebut, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air putih saja. Faktanya, air putih adalah minuman terbaik bagi tubuh. Tak heran, berbagai informasi kesehatan menyarankan agar Anda minum air putih sebanyak 7–8 gelas setiap hari, agar kebutuhan cairan tubuh senantiasa tepenuhi.

Lantas, apa saja sih manfaat air putih bagi tubuh? 

1. Meningkatkan performa fisik
Dilansir Healthline, kurangnya cairan dalam tubuh bisa membuat performa fisik menurun, terutama bagi Anda yang gemar berolahraga. Sebaliknya, minum air putih dalam jumlah cukup akan membantu mencegah dehidrasi dan menjaga kestabilan cairan di dalam tubuh, sehingga seluruh organ penting mampu berfungsi dengan optimal.

2. Menjaga fungsi otak
Menurut studi di Journal of Nutrition tahun 2011, wanita muda yang kehilangan 1,36% cairan setelah melakukan aktivitas fisik bisa mengalami gangguan suasana hati dan konsentrasi, serta frekuensi sakit kepala.

Sementara itu, studi serupa yang diterbitkan di British Journal of Nutrition menyebut bahwa 1,59% hilangnya cairan pada tubuh pria mampu memengaruhi kerja memori dan meningkatkan perasaan cemas serta kelelahan.

3. Mengatasi sakit kepala 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu meredakan sakit kepala pada mereka yang mengalami dehidrasi. 

4. Mengatasi sembelit 
Sembelit adalah masalah saluran cerna yang ditandai dengan lambatnya pergerakan dan sulit buang air besar. Meningkatkan asupan air putih sangat direkomendasikan sebagai bagian dari proses penyembuhan sembelit. 

5. Menurunkan berat badan 
Air putih membantu sistem pencernaan untuk membuang kotoran dari dalam tubuh. Karenanya, air putih dianggap dapat membantu menurunkan berat badan.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar