JPNN.com

5 Manfaat Olahraga Bagi Penderita Asam Urat

Sabtu, 25 Juli 2020 – 04:22 WIB
5 Manfaat Olahraga Bagi Penderita Asam Urat - JPNN.com

jpnn.com - Bagi Anda yang memiliki asam urat tinggi alias hiperurisemia, mengubah pola makan tentu sangat penting. Selain itu, penderita juga dianjurkan untuk tetap berolahraga secara rutin.

Salah satu manfaat olahraga untuk penderita asam urat adalah bisa membantu meminimalkan gejala dan mencegah kekambuhan.

Perlu diketahui bahwa seseorang yang memiliki asam urat tinggi sangat berisiko untuk mengalami penumpukan asam urat pada sendi. Apabila terjadi peradangan akibat penumpukan ini, penderita akan mengalami penyakit sendi yang disebut dengan gout artritis.

Manfaat Olahraga untuk Penderita Asam Urat

Para peneliti mengungkapkan bahwa manfaat olahraga untuk penderita asam urat cukup banyak. Aktivitas fisik tersebut akan lebih menguntungkan apabila dilakukan secara konsisten.

Olahraga secara teratur akan menurunkan risiko kematian serta meningkatkan kualitas hidup penderita asam urat. Berikut adalah manfaat olahraga untuk penderita asam urat:

1. Melatih Kelenturan Sendi dan Otot

Seseorang yang sudah menderita gout akan sangat sulit untuk beraktivitas, apalagi berolahraga. Namun, ketika keadaan ini ‘dimanjakan’, penderitanya akan semakin merasa kesakitan. Ini karena sendi yang tidak digerakkan akan menjadi lebih kaku, lalu otot akan menjadi lebih lemah.

2. Mengurangi Beban Sendi 

Manfaat lainnya dari olahraga adalah membantu penderita asam urat menurunkan berat badan, menguatkan otot dan tulang, serta meningkatkan pergerakan sendinya. Sederet manfaat ini akan membuat beban yang harus ditopang sendi menjadi semakin berkurang.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy