JPNN.com

7 Cara Mudah Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat

Kamis, 23 April 2020 – 10:21 WIB
7 Cara Mudah Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat - JPNN.com

jpnn.com - Cara menurunkan asam urat tanpa obat mungkin jadi hal yang paling sering terpikirkan oleh penderita asam urat. Pasalnya, persentase penderita gout arthritis di Indonesia itu tak sedikit!

Pada 2015, Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, prevalensi penyakit asam urat di Indonesia untuk usia di bawah 34 tahun sebesar 32 persen. Sedangkan, untuk mereka yang di atas 34 tahun, ada 68 persen.

Selama ini, saat asam urat kembali berulah, obat bisa jadi penolong. Obat yang digunakan untuk mengatasi asam urat ada dua jenis, yaitu obat pereda nyeri NSAID atau kolkisin.

Untuk menurunkan kadar asam urat, dokter biasanya akan meresepkan obat ini.

Bila Anda ingin cara lain untuk mengatasi kambuhnya asam urat, sebenarnya ada cara di luar penggunaan obat-obatan. Adapun cara menurunkan asam urat tanpa obat yang dianjurkan oleh dokter, antara lain:

1. Jauhi Makanan yang Mengandung Purin Tinggi

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat pada tubuh. Jenis makanan tinggi purin yang wajib Anda hindari, yaitu jeroan (hati, otak), daging merah, seafood, melinjo (emping), produk susu, kol, serta kacang-kacangan.

Saat masalah sudah beres, pantangan yang satu ini harus dipatuhi untuk seterusnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy