5 Manfaat Susu Kedelai Untuk Si Kecil

5 Manfaat Susu Kedelai Untuk Si Kecil
Susu kedelai. Foto dukang/123rf

jpnn.com - Olahan kedelai begitu populer, mengingat jenis kacang-kacangan ini memiliki banyak manfaat. Di antara semuanya, susu kedelai adalah salah satu yang cukup terkenal.

Bahkan, susu kedelai dikategorikan sebagai pilihan yang paling tepat sebagai pengganti susu sapi untuk orang-orang yang alergi.

Faktanya, susu kedelai memiliki kandungan gizi dan manfaat yang tidak kalah dengan susu sapi. Kandungan karbohidrat pada susu kedelai tergolong efektif untuk menstimulasi pertumbuhan bakteri baik seperti bifidobakteria di usus besar.

Dengan banyaknya populasi probiotik tersebut, sistem pencernaan Si Kecil akan menjadi lebih sehat.

Dari segi kandungan protein, susu kedelai mengandung jenis asam amino yang cukup lengkap. Susu ini juga memiliki kualitas protein yang lebih tinggi dibandingkan jenis tumbuhan lainnya.

Susu kedelai terdiri dari kandungan lemak PUFA (poly unsaturated fatty acids) alias asam lemak tidak jenuh rantai jamak, seperti omega-3 dan omega-6, yang baik untuk kesehatan.

Tak berhenti di situ, susu kedelai bahkan mengandung vitamin A, aneka vitamin B, vitamin E, vitamin K, dan zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zink serta isoflavon. Semua nutrisi tersebut banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh Si Kecil.

Pada jenis susu kedelai yang diperkaya (fortifikasi), terdapat pula kandungan kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Nutrisi ini berguna untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil agar tetap optimal.

Susu kedelai dikategorikan sebagai pilihan yang paling tepat sebagai pengganti susu sapi untuk orang-orang yang alergi.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News