5 Menu Sehat untuk Perayaan Natal Tahun Ini

5 Menu Sehat untuk Perayaan Natal Tahun Ini
Perayaan Natal. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Perayaan besar seperti Natal tak lengkap tanpa acara makan-makan. Hingga detik ini masih bingung mau menghidangkan apa di meja makan tanpa waswas tekanan darah, kolesterol, atau gula darah naik? Tak perlu panjang lebar, Anda bisa intip inspirasi menu sehat Natal di sini.

1. Daging Sapi Panggang dan Sayur

Rasanya sulit untuk menolak hidangan ini di meja makan. Bagi Anda yang anemia, konsumsi daging merah (pilih yang rendah lemak), dapat meningkatkan hemoglobin, sehingga tak terancam lemas saat beribadah dan merayakan Natal.

Bumbunya sederhana, kok, hanya perlu garam, lada hitam, atau rempah lainnya sesuai selera. Tak perlu menambahkan mentega agar daging tidak mengandung banyak lemak jahat.

Bila tak punya oven, Anda juga bisa menjadikannya sate atau kebab. Pastikan tidak memasaknya dengan suhu sangat tinggi dan hindari daging gosok yang menimbulkan kerak hitam, karena itu bisa bersifat karsinogenik atau memicu kanker.

Jangan lupa pula hidangkan sayur-sayuran. Anda bisa menyiapkan salad isi sayuran atau tumisan.

Beberapa jenis sayur yang cocok untuk dikonsumsi bersama daging sapi panggang antara lain wortel, buncis, asparagus, tomat, brokoli, paprika, jagung, kentang, atau sayuran lainnya sesuai selera. Untuk menambah rasa, Anda bisa membumbuinya dengan minyak zaitun, garam, dan lada.

2. Ayam Panggang Asam Manis

Tak perlu panjang lebar, Anda bisa intip inspirasi menu sehat Natal di artikel ini.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News