52 Film Indonesia Bakal Diputar di Eropa

52 Film Indonesia Bakal Diputar di Eropa
Europalia Arts Festival. Foto: Facebook

jpnn.com - Sebanyak 52 film Indonesia akan diputar di Europalia Arts Festival atau Festival Seni Europalia di Brussels, Belgia.

Pemutaran film Indonesia di Eropa merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan Indonesia sebagai negara tamu di Festival Seni Europalia 2017 yang berlangsung pada Oktober 2017 hingga Januari 2018.

Pemutaran dan diskusi film Indonesia akan digelar pada 9-23 Januari 2018 di Museum Bozar dan Gedung Sinema Vendome di Brussels, Belgia.

Film-film yang akan diputar tersebut terdiri dari 30 film panjang, 12 dokumenter, dan 10 film pendek.

"52 film tersebut merupakan film-film terpilih yang mencakup berbagai aspek dan pencapaian penting, baik dari segi politik, ekonomi, maupun isu sosial yang terkait perfilman Indonesia," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, Kamis (14/12).

Dia menjelaskan, pemilihan film-film yang diputar di Europalia menjadi kewenangan penuh para kurator yang dipilih Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menurut Hilmar, prinsip tersebut harus dipegang agar dunia kreatif atau dunia kesenian bisa berkembang penuh. Namun dia menegaskan, prinsip memberikan kewenangan dalam proses kuratorial tetap harus disertai dukungan atau pendampingan dari pemerintah.

“Pemerintah memberikan dukungan penting yang sifatnya kelembagaan,” ucapnya.

Film-film yang akan diputar tersebut terdiri dari 30 film panjang, 12 dokumenter, dan 10 film pendek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News