5.267 Pelamar Tes Berebut 116 Kuota CPNS Surabaya

5.267 Pelamar Tes Berebut 116 Kuota CPNS Surabaya
Ratusan computer untuk tes CPNS Pemkot Surabaya mulai Senin (6/10) besok. Foto: Frizal/Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA – Sebanyak 5.267 orang bakal menjalani tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemkot Surabaya di SMKN 5 Surabaya mulai besok (6/10) hingga 11 Oktober. Mereka memperebutkan 116 kursi. Mulai bidang tenaga pendidikan, kesehatan, sampai tenaga teknis.

Panitia seleksi ingin pelaksanaan tes tersebut berjalan transparan. Karena itu, panitia juga memasang layar monitor selebar 50 inci di luar ruang ujian. Dengan fasilitas tersebut, masyarakat juga bisa ikut mengawasi pelaksanaan tes para pelamar CPNS itu.

Ada dua layar monitor yang disiapkan. Satu layar akan tersambung dengan kamera pengawas yang berada di empat sudut ruang ujian. Satu layar monitor lagi dipakai untuk menampilkan statistik pengerjaan soal dengan sistem computer assisted test (CAT). Nilai tiap peserta bisa dipantau secara real time.

Ketua Panitia Seleksi CPNS Surabaya Hadisiswanto Anwar mengungkapkan, sistem itu dipakai untuk menjaga transparansi. Dengan demikian, tidak ada lagi yang berpikiran tes itu curang dan sejenisnya.

"Sepanjang tes berlangsung, orang yang berada di luar bisa ikut mengawasi," ungkapnya.

Dalam sehari, ada lima kelompok tes. Namun, khusus Jumat dan Sabtu, masing-masing cuma tiga kelompok tes. Tiap kelompok tes tersebut akan diikuti 200 peserta. Namun, panitia mempersiapkan 220 unit komputer yang terpasang di meja ujian. Artinya, ada 20 komputer cadangan bila ada kerusakan.

Hadi yang juga menjabat asisten administrasi umum Pemkot Surabaya itu menambahkan, nilai CAT bakal langsung keluar setelah peserta merampungkan tes. Skor itu akan terpampang langsung di layar monitor mereka masing-masing. Panitia juga akan mencetak hasil ujian tersebut dan memublikasikannya di papan pengumuman di setiap sesi.

"Jadi, nilai bisa langsung diketahui saat itu juga," imbuhnya.

SURABAYA – Sebanyak 5.267 orang bakal menjalani tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemkot Surabaya di SMKN 5 Surabaya mulai besok (6/10)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News