5,5 Juta Guru dan Dosen Terima Vaksin Covid-19, Ini Permintaan KPAI kepada Mendikbud

5,5 Juta Guru dan Dosen Terima Vaksin Covid-19, Ini Permintaan KPAI kepada Mendikbud
Ilustrasi guru honorer sedang mengajar. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 5,5 juta guru dan dosen ditargetkan selesai menerima vaksin Covid-19 pada Juni 2021. Tujuannya agar sekolah kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Menurut Komisioner Komisi Pendidikan Anak Indonesia (KPAI) bidang pendidikan Retno Listyarti mengatakan, pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim yang menginginkan Juli 2021 sekolah tatap muka dimulai tidak bisa serta merta dilakukan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk pembelajaran tatap muka.

 "Saya mengapresiasi pemerintah yang sudah memprioritaskan pemberian vaksin kepada pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada para guru yang merupakan garda terdepan dalam melayani proses pembelajaran kepada peserta didik," terang Retno di Jakarta, Rabu (24/2). 

KPAI, lanjutnya, mendorong pemerintah merancang pengujian vaksin untuk usia anak agar herd immunity atau kekebalan kelompok terwujud.

Kekebalan kelompok adalah perlindungan secara tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi.

Baik melalui infeksi sebelumnya atau vaksinasi, sehingga individu yang tidak kebal ikut terlindungi.

"Herd immunity sulit terwujud kalau hanya pendidik dan tenaga kependidikan yang divaksinasi. Vaksin dimasukkan ke tubuh untuk membantu sistem imun mempelajari virus dan melawannya tanpa harus sakit," terangnya.

Dia melanjutkan, KPAI mendorong para pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah divaksin harus tetap melakukan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

KPAI meminta Madiem Makarim untuk tidak memaksakan membuka sekolah pada tahun ajaran baru meski sudah jutaan guru menerima vaksin covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News