575 Ribu Formasi CPNS dan PPPK 2021 Berpotensi Kosong

Rabu, 24 Maret 2021 – 12:35 WIB
575 Ribu Formasi CPNS dan PPPK 2021 Berpotensi Kosong
Masih banyak formasi PPPK 2021 yang kosong. Ilustrasi Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, usulan kebutuhan formasi CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) belum maksimal.

Sampai hari ini, usulan formasi CPNS dan PPPK yang masuk baru 700 ribuan.

Padahal pemerintah sudah menganggarkan dana pengadaan aparatur sipil negara (ASN) tahun ini untuk sekitar 1,275 jutapeserta seleksi. Itu berarti formasi yang kosong sekitar 575 ribu.

"Ini alokasi belum tercapai karena masih terjadi tawar menawar dengan daerah," kata Menteri Tjahjo dalam rapat kerja Komisi II DPR RI dengan MenPAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), di Senayan, Rabu (24/3).

Dia menyebutkan, kuota yang tersisa banyak adalah untuk PPPK. Ada banyak tarik menarik antara pusat dengan daerah mengenai pemenuhan kuota PPPK. Sedangkan CPNS relatif terpenuhi.

"Ini banyak daerah belum mengajukan usulan kebutuhan guru PPPK. Kalaupun mengajukan, usulannya tidak maksimal," ucapnya.

Mantan Menteri Dalam Negeri ini menyebutkan, sebanyak 539 instansi pusat dan daerah sudah mengusulkan kebutuhan CPNS dan PPPK.

Sedangkan 49 instansi sudah mengusulkan tetapi dokumennya belum lengkap. 

SPONSORED CONTENT

loading...