JPNN.com

6 Cara Alami Tingkatkan Kesuburan

Sabtu, 22 Juni 2019 – 04:04 WIB 6 Cara Alami Tingkatkan Kesuburan - JPNN.com

jpnn.com - Salah satu syarat penting kehamilan adalah pasangan harus sama-sama subur. Tanpanya, proses kehamilan bisa berliku. Jika Anda sudah menikah berbulan-bulan atau bertahun-tahun tetapi belum diberkahi momongan, ada beberapa cara alami yang bisa Anda dan pasangan coba untuk tingkatkan kesuburan.

Untuk mencapai kehamilan, banyak pasangan yang mencoba berbagai cara, baik jalur medis maupun nonmedis. Beberapa terapi hormonal dan/atau pemberian vitamin dan suplemen diketahui dapat meningkatkan kesuburan.

Agar bisa hamil wanita harus menghasilkan sel telur yang sehat, begitu pula pria pasangannya harus memiliki sel sperma yang berkualitas. Pria yang subur memiliki kualitas sperma yang baik, yang bisa dilihat dari jumlah, bentuk, dan pergerakannya. Sperma paling sedikit adalah 15 juta/mL dalam sekali ejakulasi, bergerak cepat dan lurus paling sedikit 40 persen, dan berbentuk normal (kepala sperma lonjong dengan ekor panjang).

Wanita yang subur umumnya memiliki siklus haid yang teratur, yang menandakan tiap bulannya wanita mengeluarkan sel telur yang dapat dibuahi oleh sel sperma. Selain itu, tidak ada sumbatan pada saluran telur (tuba falopii) atau kelainan pada dinding rahim yang membuat embrio sulit berkembang.

Cara alami untuk meningkatkan kesuburan

Sebagai upaya untuk meningkatkan kesuburan, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh

Konsumsi lemak jenuh atau lemak trans diketahui dapat meningkatkan risiko infertilitas ovulasi, karena efek negatifnya terhadap sensitivitas produksi insulin.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...