6 Cara Bangun Tidur Lebih Pagi di Akhir Pekan

6 Cara Bangun Tidur Lebih Pagi di Akhir Pekan
Ilustrasi bangun tidur.

jpnn.com - Setelah menjalani aktivitas seminggu penuh, tentunya Anda ngin “balas dendam” dengan memanfaatkan hari libur di akhir pekan untuk tidur lebih lama. Padahal, bangun tidur lebih awal di saat tidak bekerja memberikan berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Selain itu, bangun pagi juga bisa membuat Anda lebih cepat menuntaskan segala bentuk urusan yang perlu diselesaikan.

Merasa susah untuk membiasakan bangun pagi di akhir pekan? Dilansir dari Everyday Health, ini dia beberapa tips untuk membantu Anda bisa bangun lebih pagi di akhir pekan:

1. Tanamkan niat yang kuat

Michelle Segar, PhD, peneliti asal University of Michigan di Ann Arbor, Amerika Serikat, mengatakan bahwa untuk mengubah hidup - termasuk bangun tepat waktu - Anda perlu mendefinisikan dengan jelas mengapa hal itu penting bagi Anda.

Apa motivasi Anda? Apakah Anda ingin bangun pagi untuk sarapan bersama keluarga, berolahraga, atau ingin lebih siap dalam menghadapi hari?

Setelah menguatkan alasan Anda, beri tahu pasangan atau anggota keluarga lainnya tentang perubahan yang ingin Anda buat. Dengan begitu, mereka akan mendukung usaha Anda, misalnya dengan tidak berisik menjelang waktu tidur atau menghindari mengajak nonton televisi hingga larut malam.

2. Tidur di waktu yang sama seperti hari kerja

Di hari Jumat biasanya Anda akan berkumpul dengan teman hingga larut malam karena esok harinya Anda bisa beristirahat lebih lama. Namun menurut dr. Rio Aditya dari KlikDokter, dengan tidur di waktu yang sama seperti hari kerja, akan lebih mudah bagi Anda untuk bangun pagi.

Bangun tidur lebih pagi memang tak mudah, terutama bagi Anda yang ingin beristirahat lebih lama & bermalas-malasan setelah bekerja keras satu minggu sebelumnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News