6 Cara Melihat Gerhana Agar Mata Tetap Aman!

6 Cara Melihat Gerhana Agar Mata Tetap Aman!
Kesibukan menjelang gerhana matahari. FOTO: jawa pos

jpnn.com - SURABAYA - Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan gerhana matahari pada 9 Maret mendatang sudah sangat terasa. Sampai-sampai, beberapa sekolah di Surabaya telah mengedukasi para siswanya cara melihat matahari saat terjadi fenomena langka tersebut.

Nah, ada beberapa tip dari dokter untuk menjaga organ penglihatan selama menyaksikan gerhana. Spesialis mata RSUD dr Soetomo Prof dr Diany Yogiantoro Soebadi SpM menyatakan, banyak orang yang terdorong untuk melihat matahari secara langsung saat gerhana matahari. Masalahnya, melihat matahari secara langsung berisiko merusak mata.

Karena itu, Diany menyarankan untuk memakai alat pelindung mata. Fungsinya, mata tidak langsung terkena radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya. ''Alat itu bisa berupa sunglasses,'' ujarnya kemarin (27/2).

Menurut Diany, untuk keamanan, sebaiknya memakai sunglasses atau kacamata yang memiliki lapisan UV protection. Bukan kacamata biasa. Pilih kacamata yang memiliki kadar perlindungan UV sampai 100 persen. 

Sebab, ada kacamata yang kadar proteksinya hanya 25 atau 50 persen. Proteksi total itu bertujuan menghindari sinar UV yang semakin kuat karena lapisan ozon kian menipis. ''Warna kacamatanya pilih yang gelap,'' tegasnya.

Kepala Divisi Orbita Onkologi RSUD dr Soetomo dr Hendrian D. Soebagjo SpM (K) menambahkan, selain kacamata, masyarakat bisa memakai kaca film sebagai pelindung mata saat melihat gerhana matahari. Tentu kaca film yang tingkat proteksinya terhadap sinar UV juga 100 persen.

Media lain, air dalam baskom atau ember. Sebaiknya pilih wadah yang berdasar gelap agar bayangan matahari bisa dilihat dari pantulan air. 

Selama ini, lanjut dia, ada juga yang menggunakan teknik pin hole untuk melihat gerhana. Yakni, membuat lubang dari kertas untuk melihat matahari. Sinar yang masuk lebih rendah. Namun, dia tidak menyarankan dalam waktu lama. Sebab, tetap berbahaya kalau berlama-lama.

SURABAYA - Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan gerhana matahari pada 9 Maret mendatang sudah sangat terasa. Sampai-sampai, beberapa sekolah di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News