6 Gejala Keputihan ini Bisa jadi Tanda Anda Terkena Kanker Serviks

6 Gejala Keputihan ini Bisa jadi Tanda Anda Terkena Kanker Serviks
Ilustrasi area kewanitaan.

jpnn.com - Hampir semua perempuan pernah mengalami keputihan. Kondisi ini lazim terjadi saat masa subur dan setelah haid. Meski ini sebenarnya gejala normal, namun pada suatu kondisi, keputihan juga bisa merupakan tanda penyakit tertentu, salah satunya adalah kanker serviks.

Ketika keputihan tidak seperti biasanya

Tidak terlalu sulit untuk membedakan keputihan yang normal dan yang abnormal. Keputihan yang normal berwarna putih atau jernih, tidak berbau, jumlahnya tidak banyak, dan hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Jenis keputihan ini biasanya terjadi menjelang masa subur dan setelah haid.

Sementara itu, keputihan yang abnormal, salah satunya disebabkan oleh kanker serviks, ditandai dengan keputihan yang berbau tidak sedap, memiliki warna tertentu, dan tak kunjung membaik. Selain karena kanker serviks, keputihan yang abnormal juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau parasit.

Untuk membedakan keputihan karena kanker serviks atau karena penyakit lainnya, perlu diketahui beberapa gejala yang lebih sering dirasakan pada kasus kanker serviks, yaitu:

1. Keputihan disertai dengan bau tidak sedap yang cukup menyengat

2. Keputihan disertai dengan bercak darah
3. Perdarahan dari vagina di luar siklus haid
4. Perdarahan setelah hubungan intim
5. Perdarahan dari vagina setelah menopause
6. Nyeri di daerah panggul

Jika gejala-gejala tersebut terjadi, seorang wanita perlu mewaspadai kemungkinan adanya kanker serviks.

Untuk membedakan keputihan karena kanker serviks atau karena penyakit lainnya, perlu diketahui beberapa gejala yang lebih sering dirasakan pada kasus kanker serviks.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News