Rabu, 22 Mei 2019 – 09:43 WIB

6 Kiat Mencegah Kanker Serviks

Rabu, 15 Mei 2019 – 12:32 WIB
6 Kiat Mencegah Kanker Serviks - JPNN.COM

jpnn.com - Deteksian dini kanker serviks bisa dilakukan dengan pemeriksaan tertentu secara rutin seperti pap smear. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mencari tanda pra-kanker seperti pertumbuhan sel yang tidak normal atau perubahan sel-sel pada serviks.

Tes pap smear yang dilakukan secara rutin merupakan metode terbaik untuk mendeteksi kanker serviks stadium awal dan sangat dianjurkan.

American Cancer Society guidelines merekomendasikan pemeriksaan pap smear terhadap wanita dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Telah berusia 21 tahun
  • Dari usia 21-29 tahun disarankan untuk melakukan pap smear setiap tiga tahun sekali.
  • Wanita usia 30-65 tahun dianjurkan setiap lima tahun sekali melakukan pap smear bersamaan dengan tes HPV. Bila tes HPV tidak dilakukan, maka pap smear harus dilakukan setiap tiga tahun.

Pencegahan kanker serviks

Setelah mengetahui berbagai tanda-tanda yang telah dipaparkan di atas sebelumnya, kanker serviks dapat dicegah dengan tips berikut ini :

  1. Lakukan vaksinasi HPV, untuk mencegah infeksi HPV penyebab kanker serviks.
  2. Berhubungan seksual yang lebih aman. Gunakan kondom saat berhubungan seks untuk mengurangi risiko infeksi HPV dan IMS lainnya.
  3. Hindari melakukan hubungan seksual lebih dari satu pasangan.
  4. Lakukan pap smear sesuai dengan periode yang direkomendasikan.
  5. Lakukan tes HPV jika dianjurkan.
  6. Berhenti merokok, sebab dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks.

Munculnya kanker serviks bisa ditandai dengan adanya gejala keputihan tidak normal. Bila mengalami hal tersebut, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.(NP/RVS/klikdokter)

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar