6 Gubernur Terima Anugerah Ketahanan Pangan

6 Gubernur Terima Anugerah Ketahanan Pangan
6 Gubernur Terima Anugerah Ketahanan Pangan
JAKARTA - Enam gubernur menerima penghargaan Ketahanan Pangan Nasional yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Boediono, di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (15/12). Enam gubernur itu adalah Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin, Gubernur Riau Rusli Zainal, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X,  Gubernur Sulut S.H. Sarundajang , Gubernur Lampung Sjahroeddin, dan Gubernur Sumbar Marlis Rahman.

Selain kepada enam gubernur, Wapres Boediono juga memberikan penghargaan bagi kelompok tani dan usaha bidang pertanian. Dari Sumbar antara lain kepada Gabungan Kelompok Tani Bundo Kanduang Kabupaten Tanah Datar (Kelompok Tanaman Sayur), Asosiasi Sanivera, Desa Silaing Bawah Padang Panjang (Kelompok Tanaman Hias), Kelompok peternak ayam buras Banto Baroyong, Kenegarian Palangai, Kabupaten Pesisir Selatan, Anas Koto (ketua Kelompok Tani Bungai Rampai Malai Tigo Koto, Sungai Geringging Padang Pariaman),  Usaha Rendang Yet Payakumbuh. 

Wakil Presiden Boediono dalam sambutannya menyatakan bahwa pangan menduduki posisi yang sangat strategis. Sebab katanya, kecukupan pangan menyangkut kestabilan bangsa. “Permasalahan pangan ini telah menjadi masalah dunia dan bisa menjadi potensi konflik dan ketidakstabilan di bidang ekonomi dan politik," katanya.

Seiring dengan berakhirnya resesi global, lanjut wapres, permintaan akan pangan kembali meningkat. Dengan demikian, harga-harga komoditas pangan juga merangkak naik. Untuk itu, ia berharap ketahanan pangan dalam negeri bisa terjaga. “Dengan sumber daya pangan yang melimpah, Indonesia harus menjadi produsen pangan dunia. Indonesia siap untuk berkontribusi bagi masalah pangan dunia," ujarnya.

JAKARTA - Enam gubernur menerima penghargaan Ketahanan Pangan Nasional yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Boediono, di Istana Wapres, Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News