6 Jenis Makanan ini Kaya Kalium

6 Jenis Makanan ini Kaya Kalium
Mengonsumsi sayuran dan buah. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Buah pisang populer sebagai asupan alami kaya kandungan kalium. Satu buah pisang berukuran sedang setidaknya mengandung sekitar 422 mg kalium, atau sembilan persen dari kebutuhan harian orang dewasa yang sehat.

Namun, meski punya kandungan yang tinggi, pisang bukanlah satu-satunya makanan kaya kalium.

Kalium dan fungsinya pada tubuh

Kalium, atau biasa disebut potasium, adalah salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mineral ini membantu sel tubuh Anda bekerja dengan cara yang benar. Saraf dan otot—termasuk jantung—mungkin tidak berfungsi secara optimal apabila tubuh tidak cukup mendapatkan asupan kalium.

Ditambahkan dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, kalium adalah elektrolit yang dibutuhkan tubuh selain sodium/natrium (Na) dan klorida (Cl).

"Elektrolit berfungsi menghasilkan hantaran impuls listrik untuk berbagai sistem di seluruh tubuh. Di antaranya adalah kontraksi otot, termasuk otot jantung yang akan memengaruhi pompa jantung dan tekanan darah, pergerakan otot usus, impuls saraf, keseimbangan cairan, dan asam basa dalam tubuh," ujar dr. Dejandra.

Itulah sebabnya, jumlah elektrolit yang rendah akan memengaruhi banyak fungsi penting di dalam tubuh. 

Daftar makanan yang juga kaya kalium

Sekarang saatnya Anda mencoba beragam makanan kaya kalium selain pisang dengan deretan asupan di atas. Semakin bervariasi menu harian Anda, semakin banyak juga nutrisi penting didapatkan tubuh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News