6 Kebiasaan Orang Muda yang Picu Penyakit Jantung

6 Kebiasaan Orang Muda yang Picu Penyakit Jantung
Penyakit jantung. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Masa muda identik dengan bersenang-senang dan menikmati hidup. Tak jarang, orang muda 'kebablasan' hingga menerapkan pola hidup dan kebiasaan yang buruk. Pola hidup dan kebiasaan orang muda yang buruk ini lama-kelamaan bisa terakumulasi menjadi gangguan kesehatan. Salah satunya adalah penyakit jantung. Tak perlu menunggu tua, saat ini cukup banyak orang muda yang menderita sakit jantung.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, di Indonesia, lebih dari 20 persen penyakit jantung dialami oleh orang berusia di bawah 40 tahun, dan tak jarang menyebabkan kematian mendadak. Hal ini, tentu karena ada faktor-faktor pencetusnya, seperti berbagai kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Berikut kebiasaan buruk yang bisa memicu penyakit jantung.

1. Duduk terlalu lama
Jangan sepelekan hal yang satu ini. Apalagi jika Anda pekerja kantoran yang harus duduk lama di depan komputer atau laptop. Menurut dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICAdari KlikDokter, duduk lama identik dengan kurangnya gerakan dan aktivitas fisik.

Sementara itu, menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine mengungkap, wanita usia pertengahan yang duduk lebih dari 11 jam setiap hari berisiko lebih besar terkena penyakit jantung.

2. Begadang
Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, biasanya orang begadang cenderung suka mengonsumsi makanan  atau minuman yang manis. Kebiasaan itu, menurut dr. Sepri, bisa menimbulkan diabetes mellitus yang pada akhirnya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Jarang berolahraga
Ya, kurangnya aktivitas fisik memang menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami sakit jantung. Orang dewasa dianjurkan untuk melakukan aktivitas aerobik selama 30 menit per hari, lima hari dalam seminggu.

Aktivitas aerobik yang dimaksud dan bermanfaat untuk kesehatan jantung adalah jalan kaki, joging, berenang, atau bersepeda.

4. Kebiasaan merokok
Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, zat-zat yang terkandung di dalam rokok bisa mempersempit pembuluh darah, termasuk yang ada di jantung, salah satunya nikotin. Nikotin berpotensi menyebabkan pengentalan darah yang berisiko tinggi menyebabkan pembekuan darah. Hal ini dapat memicu penggumpalan yang pada akhirnya akan menyumbat pembuluh darah yang menuju ke daerah jantung.

Pola hidup dan kebiasaan orang muda yang buruk ini lama-kelamaan bisa terakumulasi menjadi gangguan kesehatan. Salah satunya adalah penyakit jantung.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News