6 Khasiat Teh Kunyit yang Ajaib, Cegah Serangan Penyakit Ini

6 Khasiat Teh Kunyit yang Ajaib, Cegah Serangan Penyakit Ini
Ilustrasi kunyit. Foto: Laman MSN

jpnn.com, JAKARTA - KUNYIT merupakan rempah populer yang sering digunakan sebagai bahan beberapa hidangan gurih seperti kari, gulai, dan lainnya.

Kunyit adalah tanaman asli Asia Tenggara dan merupakan anggota keluarga Zingiberaceae atau jahe.

Kunyit telah digunakan sebagai obat herbal selama ribuan tahun. Teh kunyit, merupakan teh yang diseduh menggunakan akar kunyit parut atau bubuk murni, dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk mengonsumsi rempah-rempah.

Sebagian besar penelitian pada orang dewasa mendukung penggunaan 400 hingga 600 miligram (mg) bubuk kunyit murni secara aman tiga kali sehari, atau 1 hingga 3 gram (g) setiap hari dari akar kunyit parut atau kering.

Adapun rutin mengonsumsi teh kunyit akan mendapatkan manfaat yang luar biasa, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Kunyit terbukti meningkatkan fungsi kekebalan dengan sifat antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri.

Teh kunyit juga telah terbukti bertindak sebagai modulator imun, membantu mengatur fungsi sel kekebalan tubuh melawan kanker.

2. Membantu mengurangi komplikasi kardiovaskular

Beberapa penelitian menunjukkan curcumin memiliki khasiat kesehatan jantung yang bermanfaat dengan bertindak sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

Ada beberapa manfaat rutin minum teh kunyit yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh dan salah satunya adalah mengurangi gejala radang sendi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News