JPNN.com

6 Kiat Cepat Tidur saat Liburan

Rabu, 17 Juli 2019 – 16:53 WIB 6 Kiat Cepat Tidur saat Liburan - JPNN.com

jpnn.com - Tidur merupakan salah satu penunjang kesehatan yang paling penting. Dengan kualitas tidur yang baik, tubuh dapat beristirahat dan kembali bekerja sesuai fungsinya. Namun, liburan yang kerap jadi momen berkumpul bersama teman dan keluarga berisiko mengganggu jadwal tidur Anda.

Padahal, dengan tidur malam yang cukup, berat badan maupun nafsu makan Anda akan tetap terjaga dengan baik. Idealnya, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, seharusnya Anda tidur pada waktu durasi yang sama setiap malamnya.

Atasi dengan tips berikut ini

Ketika sedang berlibur atau bepergian karena kegiatan lain, sering kali rutinitas tidur ini terganggu dengan acara kumpul-kumpul. Jika tidur lebih malam dari biasanya, terdapat beberapa tips yang dapat membantu Anda tertidur dan mendapatkan kualitas tidur yang prima.

1. Jangan tidur siang terlalu lama
Tidur di sofa pada siang hari setelah makan besar sangatlah menggoda. Hal ini yang kerap dilakukan saat liburan. Namun, jika Anda tidur terlalu lama, di malam harinya Anda akan sulit tertidur, bahkan berisiko mengalami insomnia.

Lebih baik batasi tidur siang selama 20 menit saja, dan jadwalkan pada rentang pukul 2 atau 3 sore, yang tidak akan memengaruhi waktu tidur malam Anda.

2. Lakukan ritual relaksasi sebelum tidur
Setelah hari yang padat, penting untuk membuat tubuh Anda santai dan relaks sebelum tidur. Lakukan aktivitas yang menenangkan seperti mendengarkan musik yang tenang, mandi air hangat, atau apapun yang Anda rasa dapat mempercepat rasa kantuk.

Selain itu, redupkan lampu dan matikan seluruh perangkat elektronik termasuk televisi. Karena cahaya biru yang dipancarkan akan membuat Anda semakin sulit tidur.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...