Senin, 19 Agustus 2019 – 16:06 WIB

Ini 6 Posisi Tidur Bagi Penderita Nyeri Punggung

Selasa, 16 Juli 2019 – 22:42 WIB
Ini 6 Posisi Tidur Bagi Penderita Nyeri Punggung - JPNN.COM

jpnn.com - Nyeri punggung bawah memang amat mengganggu. Hingga penderitanya pun kerap kebingungan mencari posisi tidur yang nyaman. Terlebih jika postur saat tidur tidak baik, nyeri punggung bawah dapat semakin parah, hingga menimbulkan nyeri yang sebelumnya tidak ada.

Hal ini bisa terjadi karena posisi tertentu dapat menimbulkan tekanan yang tidak diperlukan pada leher, pinggul, dan punggung. Itu sebabnya amat penting untuk menjaga lekukan alami tulang belakang ketika tidur di kasur.

Seseorang dapat melakukan ini dengan memastikan kepala, bahu, serta pinggul berada dalam satu garis, dan punggung tersangga dengan baik. Posisi yang memastikan hal ini terlaksana adalah tidur telentang.

Posisi tidur terbaik untuk penderita nyeri punggung

Namun, sebagian individu tidak merasa nyaman tidur telentang, atau merasa posisi tersebut akan menyebabkan mendengkur. Selain itu, setiap orang tidur dengan cara berbeda, sehingga terdapat variasi pilihan bagi Anda yang ingin kualitas tidur lebih baik dan mengurangi gejala nyeri punggung bawah.

Untuk Anda yang mengalaminya, beberapa posisi tidur berikut ini bisa dicoba, sehingga punggung pun terasa lebih lega dan kualitas tidur pun meningkat.

1. Tidur telentang dengan penyangga pada lutut
Pada posisi tidur ini, beban tubuh terdistribusi secara merata, sehingga mengurangi titik tekanan dan memastikan kepala, leher serta tulang belakang bertumpu dalam satu sumbu tubuh yang sama.

Letakkan bantal kecil di bawah lutut dapat memberi penyangga tambahan untuk membantu mempertahankan lekukan alami tulang punggung.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar