6 Kiat Menghindari Banyak Makan Karena Stres

6 Kiat Menghindari Banyak Makan Karena Stres
Ilustrasi makanan. Foto: Pixabay

jpnn.com - Banyak makan saat stres adalah hal yang kerap dialami banyak orang. Aktivitas yang padat, lembur hingga malam hari, bosan saat macet di jalan, dan berbagai macam hal lainnya bisa memunculkan emosi hingga menyebabkan stres.

Tak pelak, makanan pun menjadi pelarian atas rasa penat yang menumpuk di kepala. Alhasil, angka di timbangan jadi melonjak tak terkira. Hati-hati, semakin frustrasi, Anda bisa lebih banyak makan.

Di saat stres, tentunya Anda akan tergoda untuk mengonsumsi berbagai makanan. Jangan terkecoh dengan efek sementara dari banyak makan yang hanya akan mengalihkan pikiran Anda sejenak. Lebih baik Anda melakukan berbagai hal berikut ini:

1. Jalan-jalan

Kegiatan seperti pergi jalan-jalan dan mendapatkan udara segar bisa membantu Anda menghindari banyak makan. Jangan lupa untuk membawa air putih untuk menghilangkan dahaga dan juga membantu menunda rasa lapar yang dipicu oleh stres.

2. Meditasi

Sebuah penelitian dilakukan oleh Richard Davidson, seorang ahli saraf dari University of Wisconsin. Hasil penelitiannya memaparkan bahwa meditasi dapat membantu seseorang mengatasi gangguan pikiran yang berasal dari luar dan mencegah gelisah. Dengan meditasi, orang pun menjadi lebih tenang.

3. Berkomunikasi dengan orang terdekat

Tak pelak, makanan pun menjadi pelarian atas rasa penat yang menumpuk di kepala. Alhasil, angka di timbangan jadi melonjak tak terkira.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News