6 Kiat Meningkatkan Kualitas Sperma

6 Kiat Meningkatkan Kualitas Sperma
Ilustrasi proses pembuahan oleh sperma. Ilustrasi: Telegraph

jpnn.com - Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan tentu sangat memperhatikan kualitas sperma supaya bisa segera diberikan momongan. Selain asupan kacang-kacangan, agar kualitas sperma tetap terjaga dengan baik Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat lainnya. Beberapa hal sehat yang perlu Anda lakukan antara lain:

1. Tidak merokok
Rokok dapat menurunkan jumlah sperma yang baik. Jadi, jika Anda perokok dan ingin kualitas sperma terjaga dengan baik, berhentilah merokok.

2. Tidak mengonsumsi alkohol berlebihan
Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menurunkan produksi hormon testosteron dan kualitas sperma Anda.

3. Menerapkan diet yang sehat
Asupan makanan yang kaya akan sayur dan buah dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Karena kedua makanan ini tinggi akan antioksidan dan zink yang dapat membantu memperbaiki kualitas sperma.

4. Rutin olahraga
Olahraga yang rutin dapat membantu meningkatkan produksi testosteron.   Kualitas semen dan sperma pria yang rutin berolahraga akan lebih baik dibandingkan dengan pria yang jarang melakukan aktivitas fisik tersebut.

5. Hindari stres
Stres jangka panjang dapat menurunkan produksi sperma. Kondisi tersebut bisa memicu peningkatan hormon kortisol yang menyebabkan kadar testosteron menurun.

6. Menjaga berat badan ideal
Berat badan yang berlebih dapat menurunkan jumlah dan daya gerak sperma. Akibatnya kualitas sperma pun akan menurun.

Jika Anda dan pasangan belum juga mendapatkan kehamilan setelah setahun menikah atau melakukan program hamil, kunjungilah dokter kebidanan dan kandungan. Sebab, perlu dilakukan pemeriksaan organ reproduksi secara menyeluruh.

Untuk para pria, Anda bisa juga berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi untuk mengetahui bagaiman kualitas sperma yang dimiliki.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News