6 Lembaga ini Kembangkan Vaksin COVID-19

6 Lembaga ini Kembangkan Vaksin COVID-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foto: Daily Sabah

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro, mengatakan saat ini ada enam lembaga penelitian dan perguruan tinggi di Indonesia yang melakukan pengembangan vaksin Merah Putih dengan berbagai platform.

Langkah ini dilakukan untuk mempercepat proses pengembangan vaksin merah putih.

Adapun keenam lembaga penelitian tersebut yakni Lembaga Eijkman, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Universitas Gajah Mada (UGM).

Eijkman mengembangkan dengan platform protein rekombinan. LIPI juga mengembangkan dengan platform protein rekombinan fusi, UI dengan platform DNA, RNA, dan virus like particles.

Kemudian ITB dengan platform adenorus, UNAIR dengan platform adenorus, dan UGM dengan platform protein rekombinan.

“Kami berharap, vaksin ini bisa  segera dikembangkan dalam waktu yang relative cepat. Saat ini, dari 6 lembaga tersebut diperkirakan yang bisa paling cepat, awal tahun depan sudah bisa diserahkan bibit vaksin ke Biofarma adalah dari Eijkman dan UI, karena  tahapannya sudah mendekati atau sudah masuk ke tahap uji hewan,” papar Bambang dalam Pengembangan Vaksin, Terapi dan Inovasi COVID-19 secara virtual melalui FMB9ID_IKP belum lama ini.

Dia menambahkan, kebutuhan vaksin sangat besar, karena  dua pertiga penduduk harus di vaksin, atau sekitar 180 juta orang.

"Kalau satu orang butuh dua kali vaksin dibutuhkan minimal 360 juta vaksin. Kemudian kalau semua orang divaksin, maka 270 dikali dua, alias 540 juta. Jadi harus ada kapasitas antara 360 sampai 540 juta yang barangkali tidak bisa dipenuhi oleh Biofarma sendirian. Karena itu, kami sudah menggandeng dan bernegosiasi dengan perusahaan swasta  yang bersedia infes  untuk pemgembangan vaksin Covid 19 ini,” jelasnya.

Saat ini ada enam lembaga penelitian dan perguruan tinggi di Indonesia yang melakukan pengembangan vaksin Merah Putih dengan berbagai platform.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News