Senin, 17 Desember 2018 – 18:50 WIB

6 Manfaat Almond yang Bikin Tubuh Sehat

Senin, 08 Oktober 2018 – 09:40 WIB
6 Manfaat Almond yang Bikin Tubuh Sehat - JPNN.COM

jpnn.com - Pastinya Anda sudah tidak asing dengan almond. Ya, almond dikenal memiliki cita rasa yang gurih, bertekstur renyah, dan tentunya lezat. Tak jarang almond dijadikan taburan, campuran, atau menjadi kudapan.

Tak hanya itu, di balik kenikmatannya, almond juga memiliki banyak manfaat yang bisa Anda petik untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Almond (Prunus dulcis) merupakan merupakan tanaman asli Timur Tengah. Sebenarnya almond bukan merupakan kacang, tapi lebih pada buah berbiji yang memiliki kulit luar dan diselubungi cangkang keras. Hal ini menyebabkan banyak orang lalu mengategorikannya sebagai kacang. Di Indonesia sendiri, almond dikenal dengan nama lain kacang badan.

Jika Anda mengonsumsi almond secara rutin, enam manfaat ini bisa Anda dapatkan:

1. Sumber nutrisi
Ternyata almond menawarkan nutrisi penting bagi tubuh. Takaran 1 ons almond (setara dengan 28 gram) mengandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak, 37 persen vitamin E, 20 persen magnesium, 32 persen mangan dari asupan yang disarankan, vitamin B2, dan fosfor dalam jumlah yang cukup.

Jumlah per sajian yang disarankan per hari adalah sekitar 1 ons. Meskipun kaya akan nutrisi, tapi berhati-hatilah jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kacang-kacangan.

2. Kaya akan antioksidan
Almond kaya akan vitamin E, yang merupakan antioksidan yang larut dalam lemak. Antioksidan ini bertugas membangun sel-sel di dalam tubuh sekaligus melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa mengakibatkan inflamasi, penuaan, hingga kanker.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 60 pria perokok. Mereka ditugaskan untuk mengonsumsi 3 ons almond setiap hari. Hasilnya, 23-34 persen penanda sel oksidatif dalam tubuh turun selama 4 minggu.

SHARES
TAGS   kacang almond
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar