JPNN.com

6 Manfaat Mandi Bagi Kesehatan

Jumat, 23 Agustus 2019 – 12:06 WIB 6 Manfaat Mandi Bagi Kesehatan - JPNN.com

jpnn.com - Mandi adalah kegiatan yang sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari. Hal ini bukan hanya untuk membuat tubuh tetap bersih dan bebas kuman, tapi juga untuk menjaga imunitas kulit.

Faktanya, kulit merupakan organ terbesar yang ada di tubuh manusia. Dengan luas 1,5–2 meter persegi, kulit merupakan pembatas tubuh dengan ‘dunia luar’.

Kulit memiliki respons imun ?atau dikenal imunitas kulit? untuk membantu mencegah penyakit, penyembuhan luka dan pembentukan pembuluh darah baru (angiogenesis). Selain itu, kulit juga turut melindungi tubuh dari paparan sesuatu yang bersifat bahaya, baik secara eksternal maupun internal.

Salah satu sel yang sangat berperan bagi imunitas kulit adalah sel langerhans. Sel ini terdapat di lapisan epidermis kulit atau bagian kulit paling luar. Sel langerhans memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai penghubung dan pertahanan kulit.

Sebagai sistem pertahanan, sel langerhans berperan sebagai ‘obat’. Sehingga, ketika kulit mengalami kekeringan, peradangan atau goresan, sel tersebut membantu proses penyembuhannya.

Manfaat mandi lainnya
Selain untuk mengoptimalkan fungsi imunitas kulit, mandi juga dapat membawa manfaat sehat berupa:

1. Kulit lebih sehat

Mandi menggunakan sabun sebanyak dua kali sehari secara rutin terbukti mampu membuat kulit lebih sehat. Kulit sehat ditandai dengan warna yang merata, tekstur yang lembut, terhidrasi dengan baik, dan memiliki sensasi yang normal. Dengan kondisi yang sehat, imunitas kulit yang dimiliki juga semakin optimal.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...