6 Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut

6 Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut
Lidah Buaya. Foto HerbalCare

jpnn.com - Lidah buaya, yang juga dikenal dengan sebutan aloe vera, mungkin menjadi salah satu bahan dari masker yang Anda miliki di rumah. Tanaman yang satu itu telah terbukti melalui uji klinis dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Tak hanya itu, ada juga yang bilang bahwa masker lidah buaya bisa menjaga kesehatan rambut dengan efektif.

Manfaat lidah buaya untuk rambut
Usut punya usut, anggapan bahwa lidah buaya baik untuk rambut ternyata bukan isapan jempol belaka.

Dikatakan dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, lidah buaya memang terbukti memiliki kandungan mineral tinggi yang mampu memberikan kelembapan pada kulit rambut.

“Lidah buaya mengandung mineral, seperti zat besi, magnesium dan selenium. Selain itu, lidah buaya juga kaya akan enzim dan vitamin B2, B6, E dan C yang mampu memberikan kelembapan dan perawatan pada kulit rambut,” ujar dr. Adeline.

Lebih lanjut, dr. Adeline mengatakan bahwa lidah buaya juga memiliki kemampuan sebagai agen anti-radang, anti-jamur, anti-bakteri dan membantu proses pembaruan (renegerasi) sel tubuh.

Berkat adanya kemampuan tersebut, lidah buaya bisa memberikan manfaat berikut bagi kesehatan rambut Anda:

  1. Mengurangi jumlah minyak pada kulit rambut
  2. Membuat tampilan rambut lebih halus
  3. Membantu menutrisi akar rambut
  4. Menjaga rambut agar tidak kering
  5. Menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah rontok
  6. Mencegah munculnya ketombe di kulit kepala

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengoleskan langsung gel lidah buaya pada rambut.

Agar manfaatnya lebih efektif, dr. Adeline menyarankan untuk menggunakan lidah buaya yang sebelumnya sudah diolah menjadi produk perawatan rambut. Produk tersebut biasanya sudah ditambahkan dengan vitamin, sehingga perawatan rambut bisa maksimal.

Lidah buaya juga memiliki kemampuan sebagai agen anti-radang, anti-jamur, anti-bakteri dan membantu proses pembaruan (renegerasi) sel tubuh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News