6 Penyakit Autoimun Ini Bikin Berat Badan Anda Kacau

6 Penyakit Autoimun Ini Bikin Berat Badan Anda Kacau
Obesitas. Foto:Health

jpnn.com - Autoimun adalah salah satu tipe penyakit yang paling merepotkan penderitanya. Bagaimana tidak, jenis penyakit ini membuat sistem kekebalan tubuh Anda mulai menyerang organ sendiri, jaringan dan sel.

Selain itu, karena merusak sistem kekebalan tubuh, gejala penyakit autoimun sering kali tumpang tindih dengan gangguan lain. Ini membuatnya sulit untuk didiagnosa.

Meski begitu, ada satu gejala muncul di banyak penyakit autoimun, yakni perubahan berat badan.

Berikut ini kaitan antara penyakit autoimun dan berat badan, seperti dilansir laman Health, Kamis (23/3). (fny/dil/jpnn)

1. Diabetes tipe 1

Dari 29 juta orang Amerika yang menderita diabetes, hanya sekitar 1,25 juta memiliki tipe 1 yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas (diabetes tipe 2, bentuk yang lebih umum, tidak dianggap sebagai penyakit autoimun.)

Karena insulin memainkan peran kunci dalam bagaimana tubuh Anda menggunakan dan menyimpan glukosa untuk energi, banyak orang dengan tipe 1 diabetes mengalami penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala lain seperti rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, kelelahan atau penglihatan kabur, segera konsultasi ke dokter.

Autoimun adalah salah satu tipe penyakit yang paling merepotkan penderitanya. Bagaimana tidak, jenis penyakit ini membuat sistem kekebalan tubuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News