Otot Paha Lemah Perbesar Potensi Encok Lutut pada Wanit

Otot Paha Lemah Perbesar Potensi Encok Lutut pada Wanit
Ilustrasi.: Foto: Foxnews.com

jpnn.com - Otot paha bagian depan yang berfungsi membantu Anda meluruskan kaki saat berdiri, mendaki dan menendang disebut dengan istilah ekstensor lutut alias quadriceps.

Nah, penelitian terbaru menyebutkan bahwa kaum hawa dengan otot ektensor yang lemah 47 persen lebih mungkin terkena artrithis lutut ketimbang mereka dengan otot kuat.

Sementara otot fleksor lutut alias hamstring yang lemah dikaitkan dengan 41 persen kasus osteoarthritis lutut pada perempuan.

Intinya, penelitan yang dirilis dalam jurnal Arthritis Care dan Research ini ingin mengatakan bahwa kekuatan otot paha cukup berpengaruh terhadap kesehatan lutut wanita. Sementara kekuatan otot paha tampaknya tidak memengaruhi risiko radang sendi lutut pada pria.

"Namun, memiliki otot paha yang kuat tidak menjamin seorang wanita aman dari osteoarthritis lutut. Karena ada banyak lainnya faktor yang bermain dalam penyakit ini," kata penulis utama studi, Dr. Adam Culvenor, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (29/3).

"Yang jelas, hasil penelitian kami menunjukkan bahwa mengoptimalkan quadriceps dan kekuatan hamstring bisa membantu menurunkan risiko pengembangan osteoarthritis lutut," jelas Culvenor.

Untuk penelitian ini, Culvenor dan timnya mempelajari data MRI dari otot paha dan tes kekuatan otot pada 186 orang dewasa dengan osteoarthritis lutut dan 186 lain tanpa kondisi ini.

Karena obesitas secara independen terkait dengan peningkatan risiko osteoartritis lutut, peneliti juga memperhatikan data berat dan tinggi badan peserta alias indeks massa tubuh (BMI).

Otot paha bagian depan yang berfungsi membantu Anda meluruskan kaki saat berdiri, mendaki dan menendang disebut dengan istilah ekstensor lutut alias

Sumber Foxnews.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News