6 Selebritas Yang Bergulat Melawan Kanker Getah Bening

6 Selebritas Yang Bergulat Melawan Kanker Getah Bening
Mayky Wongkar di rumah duka Ria Irawan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (6/1). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dunia perfilman Indonesia kehilangan salah satu aktris berbakat Ria Irawan, Senin (6/1). Ria meninggal setelah beberapa tahun ini berjuang melawan kanker kelenjar getah bening.

Sepuluh tahun lalu, Ria mengetahui ada mioma di rahimnya. Dia didiagnosis kanker dinding rahim. Pada 2014, rahim Ria diangkat. Namun kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening pada bagian panggul.

Beberapa tahun sembuh, sel kanker dalam tubuhnya kembali aktif dan menjalar ke diafragma. Pertengahan 2019, kanker sudah menjalar ke paru-paru dan otak.

Beberapa hari setelah pergantian tahun 2020, Ria menghembuskan nafas terakhir pada usia 50 tahun.

Pemilik nama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan ini bukan satu-satunya selebritas yang bergulat menghadapi penyakit yang menyerang sel darah putih, sistem kekebalan tubuh.

Sejumlah selebritas lain juga pernah menderita penyakit itu. Siapa saja?

1. Arifin Ilham
Ustaz kondang Arifin Ilham menghembuskan nafas terakhir akibat penyakit kanker kelenjar getah bening. Dia meninggal saat dirawat di Penang, Malaysia pada 22 Mei 2019.

2. Aldi Taher
Aldi Taher Sikumbang adalah seorang penyintas kanker getah bening. Aldi awalnya tak menyangka ia bisa terkena kanker. Salah satu gejala yang dialaminya adalah pegal di leher sebelah kanan yang tak kunjung hilang selama dua bulan pada 2016 silam. Enam kemoterapi ia jalani hingga dinyatakan sebagai penyintas.

Selain Ria Irawan, sejumlah selebritas dalam negeri dan luar negeri juga pernah bergulat melawan kanker getah bening. Siapa saja?

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News