6 Sistem Pendidikan Negara Ini Bikin Siswa Indonesia Iri (2)

6 Sistem Pendidikan Negara Ini Bikin Siswa Indonesia Iri (2)
Ilustrasi. Foto: Hechinre Report

jpnn.com - HELSINKI – Pemerintah Finlandia benar-benar menghargai kebutuhan dasar anak-anak, yakni bermain. Hal itu juga diterapkan di pendidikan. Siswa sekolah dasar diberi kebebasan untuk bermain-main.

Langkah itu ternyata mampu membuat siswa lebih optimal saat belajar. Hasilnya, pendidikan di Finlandia mampu menduduki papan atas di Program for International Student Assessment (PISA).

Dalam laporan terbaru PISA, Finlandia berada di posisi ke-12. Posisi itu jauh lebih baik dibandingkan Amerika Serikat yang duduk di urutan ke-36. (jos/jpnn)

Berikut 6 keunikan pendidikan Finlandia sebagaimana dilansir berbagai sumber:

Siswa bebas bermain

Siswa sekolah dasar di Finlandia dibebaskan bermain di kelas. Para guru tak mau melarang siswa yang ingin tertawa terus. Siswa juga banyak mendapatkan latihan kesenian. Setidaknya hal itu yang terlihat di Jussi Hietava.

“Anak-anak diizinkan membungkuk, menggoyangkan badan atau tertawa terus jika mereka memang ingin melakukannya,” demikian tulis Hechinger Report, Februari 2016 lalu.

Sementara itu, Kepala sekolah Kallahti Comprehensive School Timo Heikkinen mengatakan, pihaknya tak bisa melarang siswa yang ingin bermain meski suhu sangat dingin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News